Senin, 28 September 2015

Trik Budidaya Ayam Potong


1. Persiapkan Kandang yang Layak
Kandang merupakan bagian terpenting yang harus di miliki oleh peternak sebelum membeli bibit ayam, karena kandang wajib tersedia sebagai tempat tinggal ayam. Kandang  yang dipersipakan setidaknya harus memenuhi syarat –syarat berikut :
- Kandang dengan ukuran sebanding dengan jumlah ayam, misalkan Anda beternak ayam sebanyak 100 ekor maka usahakan kandang ayam memiliki luas sekitar 25 meter persegi.
- Kebersihan kandang harus dijaga. Anda dapat membuat kandang dengan lantai yang sedikit miring agar memudahkan untuk membersihkan kotoran.
- Kandang harus memiliki ventilasi, atap dan juga dinding yang menyeluruh mengingat ayam boiler tidak tahan terhadap suhu dingin.
- Tersedianya sumber air dan listrik yang memadai
- Tersedianya penghangat agar ayam tumbuh dengan baik

2. Siapkan Peralatan Kandang yang Lengkap
Peralatan kandang yang wajib ada seperti tempat makan, tempat minum, penghangat (biasanya menggunakan lampu pijar), pembersih, dan peralatan lainnya yang sekiranya di perlukan.

3. Pilihlah Bibit Ayam yang Sehat
Sebelum membeli bibit ayam, pastikan bibit yang Anda beli memiliki kriteria yang baik dan sehat seperti kelincahan, bulu yang sehat, tidak ada cacat, berat badan dan ukuran.

4. Perhatikan Gizi Ayam
Gizi ayam meliputi makanan dan minuman. Pastikan Anda memberi makan ayam dengan makanan khusus untuk ayam potong. Berikan makan 3 kali sehari dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah ayam. Selain itu berikan campuran obat sehat pada minuman ayam yang berfungsi untuk menghindari penyakit dan mempercepat pertumbuhan ayam.

5. Lakukan Pemasaran
Pemasaran ayam potong terbilang cukup mudah, bahkan biasanya para pembeli akan langsung datang ke tempat ternak ayam Anda untuk membeli ayam secara langsung. Ada 1 trik khusus yang dapat Anda lakukan yakni dengan memanen ayam dalam waktu singkat ketika harga ayam boiler melambung tinggi. Ini akan membuat penghasilan Anda berlimpat ganda apalagi memanen dalam waktu singkat membuat biaya operasional menjadi lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar